Rafting Citarik

29

Ini rafting yang dilakukan untuk ketiga kalinya.. untuk rafting kali ini kami memilih lokasi rafting yang berbeda dari yang sebelumnya, yang lokasinya jauh dari domisili kami semua yaitu di Sukabumi.

Berhubung belum satu orangpun dari kami yang pernah rafting di Citarik, maka kami sepakat untuk mencari informasi dari mbah google, dari hasil pencarian itu kami menemukan http://arusliar.co.id/ sebagai adventure agent spesialis rafting disungai citarik dan kegiatan outdoor lainnya. Ada banyak paket rafting yang ditawarkan oleh arus liar ini, detailnya bisa langsung lihat di website nya. Kami memilih paket 2 hours rafting dengan jarak tempuh 9 km. Tadinya sih pengen ngambil paket rafting to the sea.. Namun karena setelah cek ricek tanggal dengan customer service arus liar, dan ketemu slot kosong hanya di Hari Minggu tanggal 29.04.2015, dengan waktu pengarungan dimulai jam 07:00 pagi. sepertinya ga mungkin ngambil paket rafting to the sea, pasti cape banget..mengingat setelah rafting kami harus cus pulang.
Setelah discuss dengan team, okey deal! kami ambil paket rafting ditanggal 29.04.2015.

28.04.2015 ;  00:00 wib
Perjalanan menuju lokasi dimulai, kami memang memutuskan berangkat sabtu malemnya, ini berbekal informasi yang kami terima dari arus liar bahwa bahwa perjalanan dari Jakarta – Sukabumi normalnya ditempuh dalam waktu 4 jam.
Belum lagi kami berdomisili di Cilegon Banten , jarak tempuh Cilegon – Jakarta normalnya 1.5 Jam. Jadi dengan pertimbangan waktu tersebutlah kami putuskan berangkat malem, supaya kami bisa dateng ke lokasi sebelum jam pengarungan yaitu jam 07:00 pagi.

Kalo dipikir – pikir lagi kurang kerjaan amat ya, hanya untuk duduk diperahu karet, ngikutin deras arus sungai citarik dengan kemungkinan muncul resiko – resiko yang besar. Kami rela melakukan perjalanan disaat seharusnya kami mengistirahatkan fisik dari segambreng rutinitas yang dilakukan disiang hari.

03:25 wib tiba dilokasi.
Ternyata kami kepagian tiba dilokasi, estimasi nya  kami tiba dilokasi saat subuh.. ternyata kami datang lebih awal dari perkiraan. Namun, cukup diacungin jempol dech untuk agent arus liar ini, sepagi ini sudah ada team dari arus liar yang menyambut kedatangan kami.. karena masih terlalu pagi, kamipun manfaatkan waktu menunggu subuh untuk memejamkan mata sejenak..disaung yang ada dilokasi. Dari atas saung ini suara gemuruh derasnya arus sungai citarik terdengar jelas.

Tiba di lokasi

Rasanya baru sebentar memejamkan mata, saat kumandang azan subuh terdengar, walaupun masih keriyep – keriyep, kamipun bergegas menuju mushola kampung untuk melakukan kewajiban sebagai manusia yang telah di anugrahi banyak hak oleh sang Khalik.

Setelah subuh, kami langsung disuguhi dengan welcome drink, yaitu kopi karena udara di lokasi ini dingin banget (daerah gunung), jadinya suguhan ini tepat untuk menghangatkan badan yang cape..siangan dikit dapet sarapan..ini perlu sebagai energi buat pengarungan.

Sarapan

Sarapan

Waktunya Pengarungan
Setelah sarapan,,pemandu kami namanya kang bucek, mengajak kami turun ke lokasi penyimpanan rafting equipment (dayung, jaket pelampung, helm), lokasi warehouse rafting equipment ini persis dipinggir sungai.. Sebelum masuk ke sungai (pengarungan) setiap orang harus melengkapi diri dengan rafting equipment. Hal ini perlu karena rafting masuk kategori kegiatan high risk.

29a

Setelah menggunakan rafting equipment, kami menuju start point yang lokasinya 15 menit dari center point arus liar menuju keatas gunung. Kami didrop menggunakan truk… 😀 , menuju ke start point rasanya seperti naik halilintar di dufan.. (efek jalan curam naik turun).. seru sih tapi banyakan seremnya.. 🙂

Sampe start point, kang bucek langsung memberi panduan detail prosedur yang harus kami jalankan selama pengarungan, seperti teknik mendayung, ada teknik maju, teknik mundur dan sebagainya. Sungainya airnya keruh banget,,menurut kang bucek debit air hari itu tinggi karena semalem sukabumi diguyur hujan,, ini yang juga yang menyebabkan sungainya keruh.

Setelah doa bersama, pengarungan dimulai.. inilah foto – foto selama pengurangan.

Start

Start

30

32

33

34

35

38

39
Di rafting kali ini terjadi tragedi… *lebay banget dech*,  tragedinya adalah saya kecebur,,,(kelempar dari perahu) dan sempet hanyut beberapa meter, dan di tragedi ini juga dayung yang saya gunakan hanyut alias hilang, untung kang bucek orangnya sigap .. langsung mengarahkan dayungnya sebagai salah satu upaya penyelamatan ketika ada yang ke cemplung..sehingga orang (saya) yang hanyut kebawa arus  bisa memegang dayung tersebut untuk memperlambat laju hanyutnya.

Untungnya tragedi ini tidak ada yang mendokumentasikan, sehingga ga malu – malu banget..(kebayang muka paniknya). Tapi tragedi ini menghasilkan Lebam yang lumayan gede di area betis, dan bagian lengan karena nabrak nabrak batu…

Finish.
Jam 09:05 wib kami tiba di finish point, cape udah pasti,,,tapi overall sih seru. Tiba di finish point kami disuguhi kelapa muda..

Finish

Finish

Dari finish point, kami diangkut menggunakan truk menuju ke center point arus liar. Nyampe center point, langsung pada mandi..ganti baju, dan jam 11:00 wib, kami disuguhi makan siang ala sunda…

Makan siang

Makan siang

Makan siang

Makan siang

Sebagai informasi, semua fasilitas yang kami terima dari mulai welcome drink sampai dengan makan siang, ditambah certificate sudah include dalam biaya paket rafting yang diambil.

51

Setelah makan siang, tidak menunggu lama kamipun langsung pulang, mengingat jauhnya jarak sukabumi – cilegon. Tapi Alhamdulillah …perjalanan lancar. sehingga kami bisa tiba di Cilegon jam 16:00 wib. Sebelum dianter ke rumah masing – masing kurang afdol kalo habis bepergian jauh tapi ga ngebaso … 🙂

Semoga nanti bisa nyoba body rafting…

Advertisements

About gustina

Selamat datang di blog saya. Semoga dengan blog ini menjadi catatan history dalam hidup saya. Salam Hangat Tina
This entry was posted in Tak Berkategori and tagged , , . Bookmark the permalink.

34 Responses to Rafting Citarik

  1. Raftiiiing, aku belum pernah sama sekali ngerasain rafting eh mbak ._. kayaknya seru-seruan gitu banget ya :’

    Like

  2. adhyasahib says:

    saya juga belum pernah Rafting,takut kecebur kan gak bisa berenang walaupun pake pelampung tapi tetep aja takut,hehe
    btw itu mbak Tina cewe sendiri ya saat itu? hebat, jadi cewek tangguh berani melewati terjangan arus

    Like

  3. Seru banget 😊😊

    Like

  4. alrisblog says:

    Tahun 2007 pernah kesini. Tempatnya makin pemes ya, hehe..

    Like

  5. Renggo Starr says:

    Belum pernah ikut rafting..duhh

    Seru kayaknya. Harus dipaksain buat nyoba, nih. 😀

    Like

  6. kayka says:

    seru ya, adrenalin banget…
    ketemu yuni dan lody gitu juga kah?

    salam
    /kayka

    Like

  7. Belom pernah nyobain rafting…kmrn waktu liburan ke lahat sempet liat brosur hotelnya yang jg nyediain paket rafting, mgkn nanti pengen coba kalo jalan ke situ lagi bareng temen2, tapi ntah kapan..hahaha

    Like

  8. Tulisan nya bagusss mbak .. Tapi kalau boleh kasi saran nih ya *kalau boleh 😀 * kasi ‘tag read more’ disetiap postingan yang ada di homepage nya mbak. biar ga capek ng scrol ampe bawah . hehe .makasih kak. salam WordPress Lover’s yak 😉

    Like

  9. Sntap siangnya pasti terasa nikmat sekali ya, sudah cape banget rafting 😀 .

    Like

  10. Cobain yg cicatih di sukabumi juga kak, di jamin seru gila

    Liked by 1 person

  11. winnymarlina says:

    harga body rafting gitu brp sih kak

    Like

  12. bersapedahan says:

    wah sudah lama banget ga rafting … pengen sih .. tapi ngebayangin bermacet macet ke arah sukabumi sudah bikin males … 🙂

    Like

  13. mau banget main arus jeram. diundur undur mulu gara gara belum dapat waktunya yang bagus dan bersamaan sama temen gue yang lain. jadi iri

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s